Hati-Hati! 7 Kesalahan Ini Bisa Bikin Kamu Gak Lolos Interview Kerja

Hati-Hati! 7 Kesalahan Ini Bisa Bikin Kamu Gak Lolos Interview Kerja

Karirnas.com - Wawancara kerja adalah salah satu tahapan dalam seleksi karyawan, tahapan ini sangat penting sehingga tak jarang bisa membuat orang yang di interview menjadi gugup, gerogi saat menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh interviewer.

Untuk dapat mengikuti wawancara kerja dengan lancar, pastikan kamu tidak boleh melakukan 7 kesalahan ini saat interview. Apa saja? Berikut penjelasannya!

1. Datang Tidak Tepat Waktu

Kesalahan pertama adalah datang tidak tepat waktu, datang terlambat pada saat intrview akan membuat kamu dipandang sebagai orang yang tidak prepare, tidak menghargai waktu. Selain itu, pihak perusahaan juga akan menganggap bahwa kamu tidak memiliki sikap disiplin dalam dunia kerja.

Nah, pastikan ketika interview kamu datang lebih awal agar interviewer melihat kamu sebagai orang siap bekerja.

2. Bau Badan

Kadang ada perusahaan yang saking banyak nya menunggu antrian untuk interview, yang membuat kita harus menunggu dari pagi hingga sore hari. Tentu hal ini membuat badan kita menjadi lelah dan bau, untuk itu pastikan kamu membawa wangi-wangian (read: parfum) untuk menyegarkan badan selama mengikuti seleksi wawancara.

Selain itu, menjaga kebersihan mulut merupakan hal yang penting saat interview berlangsung, jangan sampai membuat interviewer ilfeel karna bau mulutmu yang berlebihan.

3. Pakaian Tidak Sopan

Tidak dapat dipungkiri, bahwa penampilan merupakan nilai tambah dalam proses interview. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan pada saat interview kerja.

Untuk itu, kamu wajib baca artikel dibawah ini sebelum melanjutkan:

Perlu Tahu: 10 Tips Berpakaian Saat Interview Kerja
4. Menjelek-Jelekan Perusahaan Sebelumnya

Saat interview berlangsung, jangan pernah sekali-kali menjelek-jelekan kantor dimana kamu bekerja sebelumnya. Meskipun kenyataanya kamu 'tidak nyaman' ketika bekerja di kantor sebelumnya, kamu tidak perlu menceritahan hal ini ke interviewer.

Apabila interviewer bertanya, kenapa kamu keluar dari perusahaan sebelumnya? Berilah jawaban yang sopan yang sekiranya tidak menjelek-jelekan perusahaan yang sebelumnya. Jika kamu menceritahan kejelekan perusahaan sebelumnya, hal ini malah akan membuat kamu dipandang tidak dapat dipercaya dan tidak dapat menyimpan rahasia perusahaan dengan baik.

5. Memotong Pembicaraan Interviewer

Kesalahan yang biasa tidak disadari oleh calon kandidat adalah memotong pembicaraan pada saat interiview. Ya, kesalahan ini dapat mengurangi penilaian atau malah membuat kamu gugur dalam tahap wawancara. Jika kamu melakukan hal ini, maka akan membuat kamu terkesan memiliki sifat yang tidak sopan.

6. Mengangkat Telepon

Bila teleponmu lupa dimatikan dan berdering pada saat wawancara, jangan pernah mengangkatnya. Kecuali jika memang telepon tersebut sangatlah penting. Kamu bisa mematikan panggilan tersebut terlebih dahulu, kemudian meminta maf karena deringnya telah mengganggu sesi wawancara.

Nah untuk menghindari hal tersebut, pastikan kamu mematikan nada dering handphone mu sebelum memasuki ruangan interview, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

7. Tidak Melakukan Persiapan

Sebelum datang ke tempat interview, pastikan kamu mempersiapkan diri kamu sebelumnya. Kamu bisa membuat list jawaban dari setiap pertanyaan yang nantinya mungkin akan ditanyakan pada saat interview, kamu bisa menuliskan di kertas catatan untuk di ingat. Kemudian membacanya ulang sebelum berangkat ketempat interview kerja.

Jangan sampai kamu salah dalam menjawab pertanyaan, karena interviewer akan 'mengorek' profil-mu untuk mengetahui lebih dalam, apakah kamu cocok dengan kebutuhan perusahaan. Pastikan untuk hal ini kamu lebih prepare ya.

Nah, itulah 7 Kesalahan yang bisa membuat kamu gagal lolos dalam tahap interview kerja. Pastikan kamu mempersiapkan semuanya lebih matang sebelum berangkat interview ya. Semoga bermanfaat^^

Post a Comment

Cookies

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website.

Accept